Prak 01 – Logo 3D 360 (Turn Table Animation)
19.231. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
Logo PENS. Silahkan download dari pedoman identitas PENS
4. Dasar Teori
- Perbedaan animasi 3D dan 2D
Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D,
perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dapat dilihat dari sudut pandangnya.
Animasi 2D menggunakan koordinar x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan
koordinat x,y, dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek
secara lebih nyata.
Animasi 2D
Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun.
Kartun sediri berasal dari kata Cartoon, yang artinta gambar yang lucu.
Contohnya adalah : Lonney Tunes, Tom and Jerry, Doraemon,
dan lain sebagainya.
untuk model animasi
2D, animasi dibuat dengan menggunakan beberapa gambar yang memiliki layer
terpisah yang berarti tanpa menggunakan rangka virtual. Kemudian anggota badan,
mata, mulut dan sebagainya dari objek tersebut dibuat seolah – olah bergerak
oleh animator dengan menggunakan ”key frame” secara terus menerus atau frame by
frame. Proses tersebut disebut sebagai proses ‘tweening motion” atau
“morphing”. Contoh aplikasi untuk melakukan hal tersebut adalah Macromedia
Flash.
Animasi 3D
Animasi 3d adalah pengembangan dari animasi 2d. Dengan
animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mempunyai
dimensi , ruang dan kedalaman bayangan. Contohnya Toy Story, Monster Inc,
Finding Nemo, The Incredible, hingga Final Fantasy.disini kita bisa melihat
perbedaan visual jika dibandingkan dengan animasi 2d. Kesemuanya itu biasa juga
disebut dengan animasi 3d atau Computer Generated Imagery (CGI).
2. TRACING
Software untuk
Tracing
Beberapa
software misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X
ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe
Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar
menjadi vector dalam hitungan detik. Dalam terminologi komputer grafis, vector
adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat
didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas.
Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan
resolusinya.
Tracing
adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing
adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu. Tanpa
tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air
brush
style
sekalipun.
Teknik Tracing
Manual Tracing
meletakkan
gambar asli dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, mika susu/kodaktris, boleh
kertas doorslag, atau kertas roti. Lalu kita menggambar menggunakan tinta cina,
rapido, atau tinta afdek yang pekat
Digital Tracing
Tracing digital saat ini banyak
kita kerjakan dengan bantuan computer.Gambar asli di‐scan, lalu dijiplak lewat
bantuan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe reehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel
Painter.
Produk
yang dihasilkan adalah illustrasi vector, untuk menutupi kebutuhan llustrasi
yang akan dipakai pada desain‐desain poster, iklaniklan koran bahkan web dan
film‐film kartun.
Tracing
yang dilakukan dengan bantuan aplikasi berbasis bitmap semacam Photoshop,
photopaint atau Painter, kita sebut tracing bitmap. Tracing bitmap lebih banyak
dikerjakan dibidang screen printing dan tekstil printing. Tracing bukanlah
masalah menjiplak dalam arti sempit, tracing adalah teknik penggambaran ulang baik
manual atau digital. Dalam illustasi, tracing adalah style yang membutuhkan kemampuan
trace dan penguasaan aplikasi grafis
3. Perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D!
Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat
animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D.
Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe
Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar
360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada
Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X
dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat
ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya
sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Tracing Logo menggunakan illustrator
- Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator
- Membuat animasi 360 derajat
4. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)
0 komentar