Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

19.37







1. Tujuan


Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

Perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path
Motion guide adalah suatu fitur pada flash agar suatu object dapat berjalan mengikuti garis. sedangkan camera path adalah suatu fitur pada cinema 4d agar kamera mengikuti garis 

 Perbedaan antara Physical Sky dan Area Light
Material dan beri contoh penggunaannya

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
  1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline. 
  2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky 
  3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
  4. Menambahkan Material

7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan

Kesulitan yang saya alami adalah saat memposisikan kamera terhadap ARC, dibutuhkan kesabaran dan teliti. semakin saya mengenal juga dalam cinema 4D hanya perlu mendrag Item pada object yang diinginkan untuk membuat sesuatu. 

9. Referensi

http://blog.flashindonesia.com/2010/02/motion-guide/

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images