Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

20.28


1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya
asset sekunder download

4. Dasar Teori
Secondary assets

Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.

Fungsi F-Curve


F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:

Tambahkan secondary Assets

Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)

Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path

2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)

3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves


7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan

Saya pertama kali menggunakan helix dalam membuat objek berputar, sedikit sulit untuk mengatur objek agar mengikuti helix pada awalnya. kemudian saya mencoba merubah rotasi dan ukuran dari helix agar sesuai dengan logo utama yang agak melenceng dari luar helix. 

9. Referensi


Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images