Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves
20.28
1.
Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa
ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada
praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2.
Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
3.
Bahan
hasil praktikum sebelumnya
asset sekunder download
4.
Dasar Teori
Secondary assets
Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang
digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai
objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.
Fungsi F-Curve
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi
pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan
mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve
Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve
Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada
parameter yang dianimasikan.
5.
Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya,
lakukan hal berikut:
Tambahkan secondary Assets
Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6.
Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk
menyelesaikan tugas praktikum
1. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix
path
2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
8.
Kesimpulan
Saya pertama kali menggunakan helix dalam membuat objek
berputar, sedikit sulit untuk mengatur objek agar mengikuti helix pada awalnya. kemudian saya mencoba merubah rotasi dan ukuran dari helix agar sesuai dengan logo utama yang agak melenceng dari luar helix.
9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
0 komentar