Prak 07 – Membuat Aset Utama
06.27
1. Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5
pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset
utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
NURBS Modeling
Merupakan singkatan dari Non-Uniform Rational B-Spline.
Merupakan sebuah teknik modeling (khususnya dalam 3ds max) dengan fokus utama
pemodelan dengan memanfaatkan kurva dan surface 3d. Dengan teknik NURBS seorang
modeller dapat membuat obyek dengan kurva yang memiliki tingkat kerumitan
tinggi sehingga teknik ini menjadi standar modeling khususnya dalam pembuatan
obyek dengan permukaan kurva. Teknik ini dapat diawali dengan sebuah obyek dari
standar primitive dari solid geometry (untuk obyek solid) dengan terlebih
dahulu dikonversi menjadi editable to NURBS atau langsung melalui panel
Geometry untuk obyek berupa Surface (Non-Solid).
Disini kita juga menggunakan Sweep. Cara kerja Sweep sendiri di Cinema 4D adalah dimana sweep ini merupakan Sapuan NURBS yang merupakan alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
Kita juga mengenal mengenai Bump map. Bump map pada material setting ini merupakan gambar hitam putih yang ada di objek kita. Bisa disebut tekstur. Dimana yang terang menunjukkan bagian yang timbul sedangkan yang gelap menunjukkan bagian yang masuk ke dalam.
Kita juga mengenal mengenai Bump map. Bump map pada material setting ini merupakan gambar hitam putih yang ada di objek kita. Bisa disebut tekstur. Dimana yang terang menunjukkan bagian yang timbul sedangkan yang gelap menunjukkan bagian yang masuk ke dalam.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep
NURBS
Membuat material yang bersifat Glossy
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Pada praktikum ini saya tidak begitu menemui kesulitan berarti, hanya pada saat mengatur ukuran menjadi sedikit sulit namun masih bisa di atasi dengan mengecilkan ukuran dari hiasan yang ada.
9. Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports
Bumper
Cinema 4D | How to Make a Glossy/Glassy Material
http://oprekzone.com/teknik-modeling-3d-3-dimensi/
http://oprekzone.com/teknik-modeling-3d-3-dimensi/
0 komentar