Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion
19.42
1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan
material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang
terlihat seperti lampu stadion.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
BUMP MAP
Bump mapping adalah sebuah tekstur kasar pada sebuah
permukaan. Pemodelan bump mapping dilakukan dengan cara membentuk sebuah peta
tekstur terlebih dahulu. Setelah terbentuk peta tekstur barulah dilakukan pemetaan
ke permukaan obyek. Walaupun memiliki cara kerja yang hampir sama dengan
tekstur mapping, bump mapping menghasilkan gambar yang berbeda. Pada tekstur
mapping hanya memetakan warna ke permukaan obyek, sedangkan bump mapping
memetakan juga kedalaman.
Dengan penambahan bump mapping, akan tercipta sebuah efek
pencahayaan di mana permukaan dari obyek tersebut yang sebelumnya mulus, akan
menjadi seakan-akan tampak bergelombang dan berlekuk-lekuk.
CHANNEL COLOR
Panel pada Material Editor yang menyediakan fasilitas
pengaturan tampilan objek mulai dari color, brightness, dan bahkan texture.
REFLECTANCE
Panel pada Material Editor yang mengatur refleksi cahaya
pada objek.
LUMINANCE
Panel pada Material Editor yang mengatur luminans cahaya
pada objek. Luminans sendiri adalah salah satu pengaruh mata dalam menangkap
sebuah informasi yang aertinya adalah banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh
permukaan objek.
TEXTURE CIRCLE
Fasilitas Cinema 4D untuk memberikan tekstur tile berbentuk
lingkaran pada objek.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
Membuat material mirip lampu stadion
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Tuliskan kesulitan-kesulitan yang kalian hadapi dan solusi
yang kalian gunakan
9. Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports
Bumper
0 komentar