Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)
20.33
1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling
yaitu Polygon Modeling.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar
Teori
Polygonal Modelling
Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari
vertices (vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge
(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah
face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex, edges maupun face ini salah
satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan.
Teknik ini paling banyak digunakan oleh modeller karena relatif mudah, simple,
cepat dalam pengerjaannya dan tidak membutuhkan resource komputer yang besar.
Subdivision Surface
Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan
oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya
digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan
dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga
memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.
Smooth Shift
Smooth Shift adalah Tool dalam Cinema 4D dimana fungsinya
adalah untuk menghaluskan (Sublimate) path. untuk mengaktifkan tool ini tekan
Shortkey "M" kemudian "Y".
5. Tugas
Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk
Praktikum
Target Aset yang akan dibuat
Membuat bentuk polygon dasar
Memperhalus
bentuk menggunakan subdivision surface
7. Hasil Praktikum
8.
Kesimpulan
Pada praktikum ini saya menemukan kesulitan saat mengedit polygon modeling pada tahap extrude, yaitu objek saya tidak berubah menjadi yang saya inginkan ketika saya ganti maksimum anglenya sehingga masing-masing dari edges tidak bisa terlihat menyatu. lalu setelah di dalami objek saya mengalami penumpukan karena extrude sebelumnya gagal dan tidak di undo. sehingga pak hasbi mengundo tasknya dan akhirnya mulai berpengaruh pada objek saya.
9.
Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports
Bumper
0 komentar