Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)

20.33

1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2. Alat
Cinema 4D R16

3. Bahan
tanpa bahan

4. Dasar Teori

Polygonal Modelling

Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices (vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge (garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex, edges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan. Teknik ini paling banyak digunakan oleh modeller karena relatif mudah, simple, cepat dalam pengerjaannya dan tidak membutuhkan resource komputer yang besar.

Subdivision Surface

Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.

Smooth Shift

Smooth Shift adalah Tool dalam Cinema 4D dimana fungsinya adalah untuk menghaluskan (Sublimate) path. untuk mengaktifkan tool ini tekan Shortkey "M" kemudian "Y".

5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

Target Aset yang akan dibuat


Membuat bentuk polygon dasar



Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface




7. Hasil Praktikum       




8. Kesimpulan
Pada praktikum ini saya menemukan kesulitan saat mengedit polygon modeling pada tahap extrude, yaitu objek saya tidak berubah menjadi yang saya inginkan ketika saya ganti maksimum anglenya sehingga masing-masing dari edges tidak bisa terlihat menyatu. lalu setelah di dalami objek saya mengalami penumpukan karena extrude sebelumnya gagal dan tidak di undo. sehingga pak hasbi mengundo tasknya dan akhirnya mulai berpengaruh pada objek saya. 

9. Referensi

Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper



You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images