Prak 15 - Animasi menggunakan programing

22.16


1. Tujuan



Mengenal bentuk lain pembuatan animasi. Yaitu pembuatan animasi menggunakan programming.

2. Alat

Adobe Flash Professional CS3+

(diuji di Flash CC)

3. Bahan

Flint Particle Engine

Download file tersebut kemudian extract. Ambil file “Flint2d_4.0.1.swc”

4. Dasar Teori

Membuat animasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi adalah Particle System.

5. Tugas Praktikum

  1. Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
  2. Ubah posisi dari animasi tersebut
  3. Ubah warna dari animasi tersebut
  4. Ubah radius dari animasi tersebut
  5. Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul

6. Petunjuk Praktikum

  1. Buat project ActionScript 3
    new_as3_project
  2. Buka action window dengan menekan tombol “actions” pada panel di sebelah kanan
    2. actions_window_button
    3. actions_window
  3. Salin kode berikut pada “actions” window


  1. Sehingga “actions” window berisi kode seperti berikut
    4. actions_window_filled

  2. Buka “ActionScript Setting”

    5. actionscript_settings_menuitem
  3. Pilih tab “Library Path” klik icon “Browse to SWC”

    6. library_path_and_browse_to_swc
  4. Pilih file swc “Flint2d_4.0.1.swc”

    7. insert_swc_file
  5. Pastikan file swc tersebut muncul pada daftar

    8. setelah_swc_ditambahkan
  6. Tekan “OK” kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter)

7. Hasil Praktikum







8. Kesimpulan

Dalam praktikum kali ini saya belajar membuat animasi dengan koding, yang bisa mempermudah pembuatan animasi sekaligus bisa membuat bingung untuk yang pertama kali menggunakan koding untuk animasi seperti saya.

9. Referensi

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images