Tugas Literasi Komputer

16.45



Adobe Photoshop



Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS ; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.


Fitur


Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.

Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:

  • RGB color model
  • Lab color model
  • CMYK color model
  • Grayscale
  • Bitmap
  • Duotone

Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2." "CS" merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi "Creative Suite buatan Adobe dan disebut "2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan "warp," versi kurva dari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadir sebagai plug-in 8BF.

Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.













Tutorial edit gambar, mengganti wajah di Photoshop


1.  buka Adobe Photoshop anda, disini saya menggunakan photoshop CS3
Jika sudah muncul jendela Photoshop, pilih file lalu open file yang akan di edit.
Seperti ini :






2. Kemudian buat lembar kerja baru dengan Ctrl+N, disini saya menggunakan ukuran sesuai ukuran gambar pertama.









 3. setelah keluar lembar kerja baru lalu select gambar pertama menggunakan rectangular marquee tool (M) yang terletak pada samping kiri pada gambar di bawah ini :








4.  kemudian ctrl+C pada gambar dan aktifkan lembar kerja yang kosong lalu Ctrl=V. sehingga gambar telah tercopy paste. seperti ini : 





 5. buka file baru yang akan diedit dengan gambar yang pertama,  
 







6. setelah gambar ke dua telah terbuka, gunakan polygonal lasso tool atau  (L) Pada keyboard dan select pada wajah gambar ke dua. pastikan lasso tool terhubung dan aktif, seperti ini :







7. lalu tekan ctrl+C dan aktifkan lembar kerja sebelumnya dengan klik, dan Ctrl+V, jika ukuran masih besar sesuaikan ukurannya dengan  Free Transform, lalu apply change.






 9. lakukan hal yang sama pada lembar kerja, pastikan pojok kanan bawah pada pengaturan layer, yang aktif adalah layer ke 1. dengan lasso tool (L) select wajah yang akan diisi gambar ke dua, kemudian delete





10. free tranform lagi pastikan pojok kanan bawah pada pengaturan layer, yang aktif adalah layer ke 2 geser dan pindah hasil copy, ke tempat yang sebelumnya di delete. seperti ini :






11. setelah pas, kemudian apply the transformation klik Apply :





12. agar hasilnya rapi, pindah layer 1 menjadi di atas layer 2 dengan klik dan drag pada pengaturan layer. Di pojok kanan bawah.







 13. selesai. dan tinggal di save pada file, save/save as. dan pilih format yang diinginkan.






Cr Picture to Owner on google and tumblr.




REVIEW 


 Kelebihan photoshop :
1. Membuat tulisan dengan effect tertentu.
2. Membuat tekstur dan material yang beragam.
3. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.
4. Memproses materi Web.

 

Kekurangan Photoshop : 

Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image adalah bahwa Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis.



 Sumber :-Wikipedia 
               -Google








You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images