Prak 1-Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

01.53

1.    Tujuan
Menyelesaikan Tugas Praktikum Animasi 2D serta mengenal Flash lebih jauh dengan mengenal user interface Flash Professional.

2. Dasar teori
Flash adalah software yang memiliki kemampuan menggambar sekaligus
menganimasikannya, serta mudah dipelajari (M. Amrullah Akbar et al, 2008).
Flash tidak hanya digunakan dalam pembuatan animasi, tetapi pada zaman sekarang ini flash juga banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti dalam pembuatan game, presentasi, membangun web, animasi pembelajaran, bahkan juga dalam pembuatan film.
Animasi yang dihasilkan flash adalah animasi berupa file movie. Movie
yang dihasilkan dapat berupa grafik atau teks. Grafik yang dimaksud disini adalah grafik yang berbasis vektor, sehingga saat diakses melalui internet, animasi akan ditampilkan lebih cepat dan terlihat halus. Selain itu flash juga memiliki kemampuan untuk mengimpor file suara, video maupun file gambar dari aplikasi ini.
Flash merupakan program grafis yang diproduksi oleh Macromedia corp, yaitu sebuah vendor software yang bergerak dibidang animasi web. Macromedia Flash pertama kali diproduksi pada tahun 1996. Macromedia Flash telah diproduksi dalam beberapa versi. Versi terakhir dari Macromedia Flash adalah Macromedia Flash 8. Dan sekarang Flash telah berpindah vendor menjadi Adobe. Adobe adalah vendor software yang membeli Flash dari vendor sebelumnya yaitu Macromedia. Sejak itu, Macromedia Flash berganti nama menjadi Adobe Flash. Versi terbaru dari Adobe Flash saat ini adalah Adobe Flash CS6. Dan pembuatan animasi ini penulis menggunakan Adobe Flash CS6 sebagai aplikasinya.

           3.   Tugas Praktikum
            Identifikasi masing-masing bagian user interface berikut



                                    tampilan Adobe Flash Professional cs 5.5


4. Hasil Praktikum

                                    tampilan Adobe Flash Professional cs 5.5


1.  File tab
File tab adalah tab yang berisi nama file-file yang sedang dibuka
2. Workspace Switcher
workspace switcher berfungsi untuk mengganti layout tampilan flash secara keseluruhan
3. Scene, Symbol, Zoom
tombol-tombol ini berguna untuk manajemen scene, dan symbol serta untuk mengatur zoom level
4.    Tab switcher untuk panel
ini adalah tab switcher untuk mengganti panel yang aktif antara panel properties dan panel library
5.    Stage
 adalah lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain objek yang akan dianimasikan. Objek yang dibuat dalam lembar kerja dapat berupa objek Vektor, Movie clip, Text, Button, dan lain-lain.
6.    Tool Pallete
ini adalah kumpulan panel-panel yang berbentuk pallete yang digunakan untuk memberi warna pada objek dan mengatur komposisi warna pada objek yang akan dibuat.
7.    Properties Panel
Properties panel adalah panel yang berisi properties dari obyek yang terakhir kali di-click berguna untuk mengatur setting stage, atribut objek penggunaan filter, hingga mempublikasikan movie flash.
8.     Toolbox
Toolbox adalah sebuah panel yang menampung tombol-tombol yang berguna untuk membuat suatu desain animasi mulai dari tombol seleksi, pen, pensil, text, 3D Rotation, dan lain-lain.
9.    Timeline
Timeline berguna untuk menentukan durasi animasi, jumlah layer, frame, menempatkan script dan beberapa keperluan animasi lainnya. Semua bentuk animasi yang anda buat akan diatur dan ditempatkan pada layer dalam timeline.

5.    Kesimpulan
Dapat mengenal user interface dari adobe falsh beserta fungsinya.      

6. Referensi
      Makalah USU
      Joe Anonymous-Mengenal adobe flash cs5

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images